Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon atau biasa dikenal dengan TNUK merupakan Taman Nasional yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Keberadaannya mendapat SK No. 284/ Kpts-II/92 dari Menteri Kehutanan dan memiliki luas 122.956 Ha.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas di Jawa Barat, serta merupakan habitat yang ideal bagi kelangsungan hidup satwa langka badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) dan satwa langka lainnya. Terdapat tiga tipe ekosistem di taman nasional ini yaitu ekosistem perairan laut, ekosistem rawa, dan ekosistem daratan.

Keberadaan TNUK sangat penting , oleh karena itu kegiatan konservasi WWF-Indonesia di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) dan sekitarnya telah dimulai sejak 49 tahun lalu. Saat ini upaya tersebut telah membuahkan kado istimewa. Kolaborasi WWF-Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang dalam pengelolaan kawasan penyangga Ujung Kulon dikukuhkan dalam sebuah Nota Kesepahaman (MoU). Direktur Konservasi WWF-Indonesia Nazir Foead dan Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi mewakili kedua instansi tersebut menandatangani perjanjian kerjasama di Pendopo, kantor Bupati Pandeglang, Selasa (18/10/2011).