Site Marine “Kei Kecil Barat”

© WWF-Indonesia

Kei Kecil Barat merupakan salah satu kecamatan di pantai barat Pulau Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. Perairan di pantai Kei Kecil Barat merupakan habitat makan penyu belimbing terbesar di Indonesia bahkan di Pasifik.

Pada bulan Agustus sampai dengan Februari perairan Kei Kecil Barat akan dipenuhi dengan ubur-ubur berwarna merah yang disebut “harara” oleh penduduk local. Harara inilah yang menjadi makanan penyu belimbing.

Setelah musim bertelur di Pantai Jamursba Medi Papua, penyu belimbing akan menuju perairan Kei Kecil Barat untuk makan. Dan pada bulan-bulan ini penyu belimbing akan datang dari Papua setelah musim bertelur.

WWF Indonesia bersama mitra LSM local telah bekerja di kawasan ini sejak tahun 2003. Kegiatan yang dilakukan oleh WWF Indonesia adalah memantau kegiatan perburuan penyu belimbing dan secara perlahan mengupayakan pengelolaan kawasan yang sejalan dengan pelestarian penyu belimbing.

Di tingkat masyarakat upaya yang dilakukan antara lain penguatan kapasitas masyarakat dalam hal pengolahan sumberdaya laut (rumput laut dan ikan) menjadi berbagai jenis makanan olahan. Di tingkat tokoh masyarakat WWF berusaha menggali kearifan local yang terkait dengan keberadaan penyu belimbing di kawasan Kei Kecil Barat.

Upaya penting yang juga dilakukan di tingkat pemerintahan yaitu dengan cara menggandeng pemerintah daerah kabupaten Maluku tenggara menjadikan penyu belimbing, atau “Tabob” dalam bahasa setempat, sebagai ikon pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara. Saat ini WWF sedang bekerja bersama pemerintah daerah untuk mengusulkan kawasan perairan pantai barat sebagai Kawasan konservasi laut daerah.

Berikut dokumentasi beberapa spesies yang ada di Kei Kecil Barat :

© WWF-Indonesia

Dikontribusi Oleh : Christian Novia Handayani