Site Marine “Abun”

© WWF-Indonesia

Abun merupakan salah satu distrik di Kabupaten Tambrauw Papua Barat. Letaknya tepat di kepala burung Pulau Papua. Di distrik ini ada dua pantai yang menjadi tempat bertelur penyu belimbing yaitu Pantai Jamursba Medi dan Pantai Warmon.

Pantai peneluran penyu belimbing Abun merupakan salah satu pantai peneluran penyu belimbing terbesar di Pasifik. Panjang pantai Jamursbamedi kurang lebih 18 kilometer sedangkan panjang pantai Warmon kurang lebih 3,5 kilometer. Kawasan ini penting sebagai pantai peteluran penyu belimbing, dimana puncak musim bertelur di kedua pantai ini berbeda. Di Pantai jamursba Medi puncak musim bertelur berada di bulan Juni – July, sedangkan di Pantai Warmon puncak musim bertelur berada di bulan Desember sampai Januari.

Sejak tahun 1994, area seluas 10.000 ha dinyatakan sebagai cagar alam. Oleh karena itu WWF Indonesia bekerja bersama BKSDA wilayah Sorong untuk melakukan kegiatan monitoring penyu. Kegiatan monitoring ini juga melibatkan masyarakat local sebagai patroller. Monitoring penyu ini tidak hanya mengamati populasi penyu namun juga predator. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi predator adalah memasang jerat dan jaring. Sedangkan untuk mengatasi sarang yang terkena abrasi dilakukan relokasi sarang.

Untuk membantu masyarakat sekitar dalam bidang pendidikan, WWF Indonesia membantu menyalurkan beasiswa kepada siswa-siswa SD sampai perguruan tinggi dari kampung sekitar pantai. Dimana penerima beasiswa ditentukan sendiri oleh masyarakat.

Dalam bidang kesehatan, belum lama ini ini WWF Indonesia bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tambrauw menggelar kegiatan bersama yang dikenal dengan “Mobile Clinic” atau Klinik bergerak. Kegiatan ini adalah upaya bersama dalam mengatasi berbagai persoalan kesehatan yang terjadi di Distrik Abun, Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat.

Saat ini WWF Indonesia masih berusaha menggandeng pemerintah daerah Kabupaten tambrauw untuk bersama-sama mencadangkan sebagian wilayahnya sebagai kawasan konservasi perairan daerah. Terutama kawasan yang merupakan pantai peneluran penyu belimbing dan kawasan penyangga di sekitarnya.

Berikut dokumentasi beberapa kegiatan yang ada di Abun :

 

© WWF-Indonesia

Dikontribusi oleh : Christian Novi Handayani