An Ecoregional Assessment of Borneo (ERA Borneo)

© WWF-Indonesia

Kegiatan ini sebagai upaya bersama antara WWF dan The Nature Conservation untuk mengkaji keterwakilan ekoregion Kalimantan. Selain itu juga merupakan perluasan kajian ekoregion kalimantan timur yang telah di lakukan oleh The Nature Conservation pada tahun 2002-2003.

Tujuan lainnya adalah membuat baseline informasi tentang status konservasi dan keterwakilan ekosistem Kalimantan. Diharapkan pula dapat sebagai bahan masukkan untuk status ekoregion Kalimantan dan pengambilan keputusan.  Sebagai gambaran target konservasi yang dapat memberikan kontribusi pada upaya pengurangan emisi karbon melalui mekanisme REDD dan restorasi.

Rangkaian kegiatan yang telah dilakukan diawali dengan Project inception di Jakarta pada bulan Oktober 2006. Dilanjutkan dengan pengumpulan data, setting tujuan dan review target konservasi yang diadakan di Balikpapan pada bulan Maret 2007. Proses analisis dan hasil awal pada bulan Desember 2007. Grup review Draft portfolio target konservasi dan keterwakilan ekoregion Kalimantan pada Mei 2008. Tahap akhir untuk melengkapi peta dan finalisasi pada bulan July 2008.

Dikontribusi oleh : Barano